Hidup bukan sekedar kata,itu mengilhami dan menginspirasi semua orang

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui…Pilih salah satu jawaban

letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

faktor penyebab kesulitan belajar anak

jenis kesulitan belajar yang dialami anak

Question Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki… Pilih salah satu jawaban

kemampuan menghargai diri yang rendah

kemampuan berkomunikasi yang rendah si akang

keterampilan sosial yang rendah

keterampilan sosialisasi yang rendah

Question Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada…

Pilih salah satu jawaban

bakat siswa yang rendah

minat belajar yang kurang baik

motivasi belajar yang kurang baik

tingkat kecerdasan yang rendah

Question 4           

Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir…

Pilih salah satu jawaban

konvergen

divergen

logis

vertical

Question 5

Aktifitas yang bisa dilakukan dalam pembelajaran sehingga ranah pengetahuan dapat tercapai, adalah ….

Pilih salah satu jawaban

mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta

mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan

menerima, menjalan-kan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan

mengingat, memahami,menerakan, menganali-sis, mengevalu-asi, dan mencipta

Ranah kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang atau aspek yang dimaksud adalah:

Question 6

perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar, merupakan fungsi dari ….

Pilih salah satu jawaban

metode pembelajaran

model pembelajaran

teknik pembelajaran

strategi pembelajaran

Menurut Trianto (2010: 53) fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi perancang pengajar dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Untuk memilih model ini sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan diajarkan, dan juga dipengaruhi oleh tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran tersebut serta tingkat kemampuan peserta didik.

Question 7

Dalam suatu tema, guru melaksanakan pembelajaran di kelas tinggi berdasarkan tujuan berikut: (1) dengan membaca dan mendiskusikan teks, siswa mampu mengidentifikasi informasi penting tentang perjuangan Sultan Hasanuddin dengan rasa ingin tahu; (2) dengan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi penerapan sifat-sifat cahaya yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan percaya diri

Muatan pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan di atas adalah ….

Pilih salah satu jawaban

IPA dan PPKn

Bahasa Indonesia dan PPKn

IPA dan Bahasa Indonesia

IPA dan Matematika

Question 8

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah…

Pilih salah satu jawaban

memperkirakan penyebab

memperkirakan tindakan

identifikasi masalah

identifikasi kasus

 

DiagnOsis merupakan upaya untuk menemukan faktor-faktor penyebab atau yang melatarbelakangi timbulnya masalah siswa. Dalam konteks Proses Belajar Mengajar faktor-faktor yang penyebab kegagalan belajar siswa, bisa dilihat dari segi input, proses, ataupun out put belajarnya.

Question 9

Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centred approaches) dapat menurunkan strategi pembelajaran ….

Pilih salah satu jawaban

induktif

discovery

deduktif

inkuiri

Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches)

Pengertian pendekatan yang berpusat pada guru adalah pendekatan yang menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Pada strategi ini peran guru sangat menentukan baik dalam pilihan isi atau materi pelajaran maupun penentuan proses pembelajaran.

Question 10

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah…

Pilih salah satu jawaban

demokratis dan permisif

demokratis dan sesuai bakat

fleksibel dan sesuai bakat

fleksibel dan permisif

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui…

Pilih salah satu jawaban

letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

faktor penyebab kesulitan belajar anak

jenis kesulitan belajar yang dialami anak

Question 2

Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki…

Pilih salah satu jawaban

kemampuan menghargai diri yang rendah

kemampuan berkomunikasi yang rendah

keterampilan sosial yang rendah

keterampilan sosialisasi yang rendah

Question 3

Not yet answered

Marked out of 1,00

Flag question

Question text

Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada…

Pilih salah satu jawaban

bakat siswa yang rendah

minat belajar yang kurang baik

motivasi belajar yang kurang baik

tingkat kecerdasan yang rendah

Question 4

Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir…

Pilih salah satu jawaban

konvergen

divergen

logis

vertical

Question 5

Not yet answered

Marked out of 1,00

Flag question

Question text

Aktifitas yang bisa dilakukan dalam pembelajaran sehingga ranah pengetahuan dapat tercapai, adalah ….

Pilih salah satu jawaban

mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta

mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan

menerima, menjalan-kan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan

mengingat, memahami,menerakan, menganali-sis, mengevalu-asi, dan mencipta

Question 6

Pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar, merupakan fungsi dari ….

Pilih salah satu jawaban

metode pembelajaran

model pembelajaran

teknik pembelajaran

strategi pembelajaran

Question 7

Dalam suatu tema, guru melaksanakan pembelajaran di kelas tinggi berdasarkan tujuan berikut: (1) dengan membaca dan mendiskusikan teks, siswa mampu mengidentifikasi informasi penting tentang perjuangan Sultan Hasanuddin dengan rasa ingin tahu; (2) dengan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi penerapan sifat-sifat cahaya yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan percaya diri

Muatan pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan di atas adalah ….

Pilih salah satu jawaban

IPA dan PPKn

Bahasa Indonesia dan PPKn

IPA dan Bahasa Indonesia

IPA dan Matematika

Question 8

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah…

Pilih salah satu jawaban

memperkirakan penyebab

memperkirakan tindakan

identifikasi masalah

identifikasi kasus

Question 9

Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centred approaches) dapat menurunkan strategi pembelajaran ….

Pilih salah satu jawaban

induktif

discovery

deduktif

inkuiri

Question 10

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah…

Pilih salah satu jawaban

demokratis dan permisif

demokratis dan sesuai bakat

fleksibel dan sesuai bakat

fleksibel dan permisif

Comments on: "TES SUMATIF SESI 1 GURU PEMBELAJAR KELAS TINGGI MODUL A SD" (1)

  1. MARIANA MARIANA said:

    ibu mohon kunci jawaban sesi 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: