Hidup bukan sekedar kata,itu mengilhami dan menginspirasi semua orang

Hakikat Karakter

*Resume matkul Landasan Pendidikan🙂 X_X daripada ngantuk, mending nulis ini. semoga bermanfaat ya bagi yang baca heheu!

Hakikat Karakter
– Karakter Greek Root “toe grave” mengukir
– Pembentukan karakter adalah proses aktif pembentukan kebiasaan pada seseorang
– karakter itu unik (individual, kelompok, bangsa)
– How “Good” A person is..
– Karakter merupakan panduan komponen kepribadian dan tindakan
– Kualitas personal yang sesuai dengan dan oleh masyarakat di pertimbangkan sebagai ciri yang baik dan ciri baik tersebut digunakan sebagai tujuan pendidikan
– lebih banyak di kaitkan dengan moral

“Karakter adalah perilaku jangka panjang dan harus di pelihara. berbicara soal karakter itu, baik tidaknya seseorang bisa dilihat dari perilakunya. kepribadian adalah salah satu totalitas baik dalam hal fisik maupun non fisik.

sedangkan karakter adalah seberapa baik kepribadian seseorang. contohnya pelaku plagiatisme ; seseorang yang jadi dosen,lalu sebagai penulis, konselor tapi setelah diketahui plagiat’ lalu hancurlah “Manusianya”

karakter yang baik menurut bangsa indonesia adalah landasannya Pancasila, sebagai perjanjian Primodial dg bangsa kita. pada pasal 1. Ketuhanan yang maha ESA itu cuma ada di Indonesia, di negara lain tidak ada.

Pendidikan kita baru membangun kurikulum yang berkarakter, tapi sebelumnya tidak. lihatlah hasil pendidikan 20 tahun yang lalu itu sekarang.

Menurut Kemendiknas (2010) karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (Virtues) yang diyakini dan di gunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berfikir, bersikap dan bertindak .
kebaikan terdiri atas sejumlah nilai, moral dan norma , seperti JUJUR, BERANI. Bertindak , dapat di percaya dan di hormati kepada orang lain.

Masa Kini, Cinta Tanah air digambarkan dg simbol2 bendera, Garuda. tapi dalam pertandingan BOLA terus salah satunya kalah maka saling tawuran, pembantaian, boikot sampai ada kejadian waktu malam Minggu di Bandung ada suporter PERSIB yang malah merusak dan melempar batu Semua Mobil ber Flat B (jakarta) dalam hal ini PERSIJA yang tidak jadi bermain bola dg Persib. lalu besoknya tampak damai aksi solidaritas warga bandung memberikan 1 tangkai bunga pada warga jakarta ber PLAT B.

balik lagi soal definisi Pendidikan pasal 1 UU no.20/2003 yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, agama , pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya di masyarakat, bangsa dan negara.

dalam implikasi pedagogis pasal 1 (1) UU.20/2003 menciptakan kultur pendidikan. misalnya, menurut masyarakat orang yang berhasil itu adalah yang sarjana,nilai yudisium tinggi. biarlah mengabaikan nilai kejujuran untuk tidak menyontek, nilai moral,dan norma.

 

sekian tulisan nya semoga tercerahkan ^_^

@karimaberkarya

Mahasiswa Pendidikan Kebutuhan Khusus (Pkkh 2013) 

Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: