Hidup bukan sekedar kata,itu mengilhami dan menginspirasi semua orang

Garutku Masa Kini

“Jika Diibaratkan sebuah Cincin, Pulau Jawa adalah ikatannya sedangkan Garut adalah Permata Indahnya tiada tara, menjadi pusat yang membuat orang kairut” -filosofi dg sedikit gubahan oleh Karima-

I Love Garut, itu Kata yang ingin saya ucapkan atas keindahan, dedikasi orang-orangnya semangat terus berkarya. saya menilai orang Garut Cerdas untuk tataran di Jawa Barat bahkan Indonesia. bagaimana tidak? dari tukang Preman dari Pangkalan Pelabuhan Merak-Banten mengenal sosok Garuters yang keras juga berjiwa Pemimpin hingga pejabat Nasional macam mantan Gubernur BI. Hampir semua rata-rata orang Garut yang cerdas itu berpelesiran keluar daerah , berkarya, mengabdi. saya kenal banyak teman yang masih student di luar daerah mampu mengukir prestasi dengan Superior lah.

Bagaimana dengan SDa ?

Garut mempunyai Pulau yang masih perawan, sangat indah. ada beberapa pantai yang indah di Garut seperti Santolo, SayangHeulang,Ranca Buaya, pameumpeuk. semua tempat punya keunggulan tersendiri. belum lagi Garut punya Geothermal Energy (Energi Panas Bumi) yang bisa mensuply listrik Jawa-Bali dibawah naungan Chevron dan Indonesia Power, Bahan Tambang lainnya seperti Diamond juga ada, Garut juga punya Perkebunan Teh PTPN khusus Teh Hijau yang lebih dikenalnya. Teh Cikajang termasuk salah satu Teh dengan kualitas terbaik di Dunia, teh ini di Ekspor ke mancanegara terbayang harga teh ini di pasaran dunia yaitu per-Gelasnya Rp. 400 ribu-an loh, itu yang kualitas nomor 1. dan yang menikmati Teh KW 2-3 ya rakyat Indonesia😀 sebut saja, Teh Walini merupakan salah satu perusahaan teh milik Negara yang dijual dipasaran Indonesianya Teh KW 2. tapi tentu saja masih lebih enak daripada merk  yang lain.

Garut juga memiliki banyak varietas unggul di sayur mayur, bisa di cek kualitas tomat ,Cabai asal Garut misalnya hasilnya lebih baik kalau anda main ke pasar Induk Jakarta. Garut punya apalagi ya? semuanya keunggulannya punya kriteria masing-masing sejauh ini nyaris lebih baik.

Pernah kah anda tahu siapakah orang yang pertama kali publish?

ialah Mohammad Musa, salah satu Bupati Garut pada saat Ibukotanya Garut masih di Limbangan sebelum pindah ke Suci. Beliau sering melakukan surat menyurat dengan bahasa resmi Sunda kepada anak-anaknya yang semua menikah dengan Pejabat daerah di Jawa Barat, juga anaknya yang perempuan tertua itu (lupa namanya) beliau adalah perempuan pertama dengan inisiatif membuat sekolah rakyat khusus perempuan di daerah SD Ranggalawe -Garut kota bahkan sebelum Raden Kartini mengusahakannya ke Belanda untuk inisiatif Sekolah Rakyat khusus wanita. Tapi ternyata peran dan dedikasi nya perempuan Garut itu, kurang mendapat sambutan hangat di Indonesia (saya ada bukunya nanti dibahas di sesi lain)

Luar biasa kan pencapaian Garut? sumber daya alam melimpah ditambah dengan potensi manusianya yang sungguh hebat dimata saya, dimanapun saya menginjakan kaki. Garut selalu dikenang di hati.

Salam berkarya,

atas nama putera daerah

@Karimaberkarya

-asgar muda foundation-

Comments on: "Garutku Masa Kini" (3)

  1. Saya kira Mohammad Musa bukan bupati Garut, tetapi Hoofd Penghulu Garut, yang anaknya adalah Nyi Raden Ayu Lasminingrat, isteri Dalem Wiratanudatar VIII Bupati Garut 1875 – 1915…..maaf!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: